Latest Post
Loading...

Kamis, 10 Maret 2016

Referat Forensik - DVI



Indonesia merupakan negara kepulauan dengan 13.000 lebih pulau, mempunyai 100 lebih gunung berapi, dan secara geologis terletak di pertemuan 3 lempeng tektonik utama (Eurasia, Indo-Australia dan Mediterania) dan secara demografi terdiri dari bermacam-macam etnik, agama, latar belakang sosial dan budaya, dimana keadaan tersebut memberikan petunjuk bahwa Indonesia berisiko tinggi timbulnya gempa bumi, tsunami, tanah longsor, banjir, kecelakaan (darat, laut, udara), dan sebagainya, sehingga sering disebut “Supermarket Disaster”.
Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Indonesia melaporkan telah terjadi kurang lebih 13458 kasus bencana massal di Indonesia selama periode 1815 hingga 2012. Bencana massal didefinisikan sebagai suatu peristiwa yang disebabkan oleh alam atau karena ulah manusia, yang dapat terjadi secara tiba-tiba atau perlahan-lahan, yang menyebabkan hilangnya jiwa manusia, kerusakan harta benda dan lingkungan, serta melampaui kemampuan dan sumber daya masyarakat untuk menanggulanginya.
Berdasarkan penyebabnya bencana massal dibedakan menjadi 2 tipe. Pertama,  Natural Disaster, seperti Tsunami, gempa bumi, banjir, tanah longsor dan sejenisnya. Sedangkan yang kedua, dikenal sebagai Man Made Disaster yang dapat berupa kelalaian manusia itu sendiri seperti: kecelakaan udara, laut, darat, kebakaran hutan dan sejenisnya serta akibat ulah manusia yang telah direncanakannya seperti pada kasus terorisme.
DVI adalah suatu prosedur untuk mengidentifikasi korban mati akibat bencana yang dapat di pertanggungjawabkan secara sah oleh hukum dan ilmiah serta mengacu pada INTERPOL DVI GUIDELINE. DVI diperlukan untuk menegakkan Hak Asasi Manusia, sebagai bagian dari proses penyidikan dan penunjang kepentingan hukum (asuransi, warisan, status perkawinan) serta dapat dipertanggungjawabkan.
.
Kapasitas file dalam bentuk winrar 23,085KB. Berisi 2 file:
1.             Word | 41 halaman | Pendahuluan – Daftar pustaka | 265KB
2.             PPT | 47 halaman | Pendahuluan – Penutup | 23,078KB

Link download:
UF | HD | DF
Password : ebookkedokteranfrontal1st

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ebook kedokteran frontal1st merupakan sebuah blog dofollow. bila anda seorang blogger, maka dengan berkomentar di ebook kedokteran frontal1st anda akan secara otomatis memperoleh backlink cuma-cuma. Namun, sangat diharapkan anda berkomentar dengan bijak.