Latest Post
Loading...

Minggu, 13 Maret 2016

Referat THT - Audiometri impedans



Audiologi adalah ilmu pendengaran yang meliputi evaluasi pendengaran dan rehabilitasi individu dengan masalah komunikasi sehubungan dengan gangguan pendengaran.  Audiologi terbagi atas: audiologi dasar dan audiologi khusus.  Di mana audiologi dasar adalah ilmu pengetahuan mengenai nada murni, bising, gangguan pendengaran, serta cara pemeriksaannya.  Pemeriksaan biasanya dilakukan dengan tes penala, tes berbisik, dan audio nada murni. Sedangkan audiologi khusus diperlukan untuk membedakan tuli sensorineural koklea dengan retrokoklea, tes untuk tuli anorganik, audiologi anak, audiologi industri1.
Pemeriksaan pendengaran dapat meningkatkan presisi dalam mendiagnosis fokus patologis penyakit-penyakit spesifik. Pasien-pasien dengan penyakit berbeda pada daerah yang sama (misal ketulian dan sindrom Meniere, keduanya melibatkan koklearis) melaporkan pengalaman pendengaran yang berbeda dan akan memberikan temuan audiometri yang berbeda pula.  Itulah perlunya kita menentukan jenis ketulian melalui tes pendengaran, agar kita dapat mendeteksi lokalisasi kerusakan bagian telinga yang menjadi penyebabnya1,2
   Audiometri adalah pengukuran pendengaran dengan audiometer. Timpanometri merupakan suatu pemeriksaan fungsi telinga tengah. Pemeriksaan ini akan menyajikan grafik pemeriksaan yang berkaitan dengan hubungan antara tekanan udara di telinga luar dan impedansi membran telinga. Secara tidak langsung, pemeriksaan ini dapat menilai mobilisasi dari membran timpani serta tulang-tulang osikular pada tekanan udara yang berbeda-beda. Pemeriksaan ini dilakukan dengan merekam secara terus-menerus impedansi telinga tengah sebagaimana tekanan udara secara sistematis mengalami peningkatan dan penurunan2.
Audiometri Impedans adalah suatu pemeriksaan kelainan pada telinga tengah, kelenturan dari gendang telinga, refleks akustik serta pemeriksaan fungsi dari tuba eustachius yang bersifat objektif, dan dapat dikerjakan pada subjek yang tidak kooperatif mulai dari bayi sampai penderita usia lanjut2.
Kapasitas file dalam bentuk winrar 9,416KB. Berisi 2 file:
1.             Word | 39 halaman | Pendahuluan – Daftar pustaka | 5,006KB
2.             PPT | 22 halaman | Pendahuluan – Penutup | 4,523KB

Link download:
TF | UF | DF

Password : ebookkedokteranfrontal1st

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ebook kedokteran frontal1st merupakan sebuah blog dofollow. bila anda seorang blogger, maka dengan berkomentar di ebook kedokteran frontal1st anda akan secara otomatis memperoleh backlink cuma-cuma. Namun, sangat diharapkan anda berkomentar dengan bijak.